Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , , , , , , » 9 Tips Menjaga Kesehatan Otak

9 Tips Menjaga Kesehatan Otak



Tips mudah menjaga kesehatan otak agar otak kita tetap sehat. Kita semua tahu bahwa otak merupakan organ penting bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, sangat perlu kita perhatikan kesehatan pikiran dengan berbagai cara dalam menjaga kesehatannya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini yuk kita simak mengenai tips mudah dalam menjaga kesehatan pada otak kita sehingga dapat meningkatkan kecerdasan dan pikiranpun tetap tenang terkendali.


9 Tips Menjaga Kesehatan Otak

  1. Untuk menjaga kesehatan otak, kita mesti mengetahu apa yang dibutuhkan oleh otak kita. otak memerlukan asupan nutrisi omega-3, karena jika otak kita kekurangan asupan nutrisi omega-3 maka akan dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan otak seperti IQ rendah, depresi dan juga fungsi otak penting. Kandungan omega-3 ini dapat kita temukan dalam kandungan makanan seperti ikan.
  2. Minum air teh hangat sangat penting untuk kita lakukan untuk menjaga kesehatan otak kita, karena dengan minum air teh hangat dapat memberikan ketersediaan oksigen ke otak melalui tranmisi saraf dan juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah. Selain itu, minum teh hangat setiap pagi dan malam hari dapat membantu dalam menenangkan otak dan pikiran kita.
  3. Kunyit tidak hanya dapat dijadikan sebagai bahan rempah-rempah untuk memasak, tetapi juga sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan otak kita. mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung kunyit dapat berkhasiat dalam mencegah resiko terkena penyakit Alzheimer.
  4. Mengkonsumsi kacang-kacangan juga sangat baik untuk otak, sehingga dapat meningkatkan memori otak kita. Oleh karena itu, kacang-kacangan sangat baik untuk otak kita terutama bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan.
  5. Minum air putih yang cukup dapat meningkatkan kesehatan otak, karena jika otak kita mengalami kekurangan cairan dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan berpikir.
  6. Konsumsilah buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi otak kita, sehingga kesehatan otak kita akan selalu terjaga kesehatannya. Selain itu, mengkonsumsi buah dan sayur dapat melancarkan aliran darah yang menuju ke otak sehingga otak kita dapat berpikir dengan jernih dan suasana hati menjadi lebih tenang.
  7. Pergi berlibur bersama keluarga merupakan cara yang sangat epektif dalam menjaga kesehatan otak, karena setelah otak kita bekerja dengan keras, maka kita perlu untuk mengistirahatkan otak kita sehingga otak akan kembali fress dan dapat berfungsi dengan baik.
  8. Tidur yang cukup merupakan cara paling mudah untuk kita lakukan dalam menjaga kesehatan otak kita, karena dengan tidur yang cukup dapat membantu dalam memulihkan otak kita setelah beraktivitas seharian. Jika perlu, lakukan tidur siang di sela-sela waktu istirahat sehingga pada saat terbangun maka otak kita akan kembali fress dan dapat kembali bekerja dengan baik.
  9. Melakukan pernafasan merupakan cara yang juga sangat mudah untuk dilakukan, karena dengan menarik nafas dalam-dalam dan mengeluarkannya dapat membantu dalam mengembalikan kondisi otak yang lelah. lakukan cara ini secara berulang-ulang, karena melakukan pernafasan juga dapat menjaga kesehatan jantung kita.

Nah itulah beberapa tips mudah untuk menjaga kesehatan otak yang mungkin dapat berguna untuk kita ketahui bersama karena fungsi otak memang sangat penting dalam menjalankan segala aktivitas kita.

sumber : http://manfaat.co/kesehatan-otak.html

1 komentar :

  1. boleh dicoba nih tips menjaga kesehatan otak ini. mantap banget artikelnya admin sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus