Diberdayakan oleh Blogger.

Mandi Air Hangat Ternyata Banyak Manfaatnya


Setelah mengalami hari yang padat, tubuh mengalami penurunan stamina karena berkurangnya energy. Banyak cara yang dilakukan untuk dapat mengembalikan tubuh ke kondisi semula, salah satunya ialah dengan mandi menggunakan air hangat. Mandi setelah beraktivitas seharian membuat tubuh kembali segar. Berikut ini beberapa manfaat yang didapat saat mandi menggunakan air hangat :

1. Melancarkan peredaran darah

Kurang lancarnya peredaran darah akibat sobeknya otot atau kelelahan menyebabkan munculnya rasa sakit pada otot dan persendian yang terjadi akibat pelemasan sendi, tendon, jaringan dan otot. Walau tidak menyembuhkan secara permanen, lima menit mandi air hangat dapat mengurangi sakit, merangsang penyembuhan, dan mengurangi radang. Mandi air hangat juga melancarkan peredaran darah menuju ke otak sehingga tidak mudah terserang migrain.

2. Melembabkan kulit

Saat mandi menggunakan air hangat, pori-pori kulit akan terbuka sehingga kulit terlihat segar dan tidak kering. Pori-pori yang terbuka mencegah penumpukan toksin pasa kulit. Hasil akhirnya anda akan terlihat lebih awet muda.

3. Menyembuhkan batuk

Saat flu dan batuk, menghirup uap panas yan berasal dari air hangatsaat kita mandi dapat membantu menghilangkan hingus dan dahak yang merupakan penyebab iritasi pada tenggorokan. Tambahkan minyak kayu putih pada bagian dada setelah mandi mempercepat proses penyembuhan dan membuat nafas lebih lega. 

4. Menghilangkan stress


Mandi air hangat terbukti dapat membantu menghilangkan rasa stress yang melanda pikiran kita dari berbagai beban pikiran yang membuat kita merasa lemah. 

5. Meringankan diabetes

Sebuah penelitian menyebutkan mandi air hangat atau berendam selama setengah jam mampu menurunkan tingkat gula darah yang ujungnya dapat berfungsi bagi penderita diabetes.

6. Menyembuhkan insomnia

Mandi air hangat sebelum tidur mampu membuat tidur menjadi lebih pulas. Tidur yang berkualitas membuat tubuh kembali ke performa terbaiknya. 

7. Berfungsi untuk pemanasan sebelum berolahraga pagi

Mandi air hangat pada pagi hari adalah caea efektif untuk memanaskan tubuh sebelum olahraga pagi. Ketika anda bangun tidur, otot-otot bisa jadi dalam keadaan kaku. Mandi air hangat dapat membantu melemaskan otot dengan melancarkan peredaran darah.

8. Menghilangkan pegal

Selain dipijit, mandi air hangat bisa untuk mengurangi leher dan bahu yang pegal dan kaku. Guyur bagian yang kaku dengan air hangat selama beberapa menit untuk merilekskan otot. 


Demikian beberapa manfaat mandi menggunakan air hangat. Meski banyak manfaatnya, mandi menggunakan air yang terlalu panas atau berendam menggunakan air panas terlalu lama juga tidak disarankan.


Sumber : harian Pikiran Rakyat .

0 komentar :

Posting Komentar